Rabu 03 Oct 2012 15:21 WIB

NATO Tewaskan 18 Gerliyawan Afghanistan

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hafidz Muftisany
Tentara NATO dan pasukan Afghanistan mengepung salah satu tempat kediaman militan Afghanistan.
Foto: AP
Tentara NATO dan pasukan Afghanistan mengepung salah satu tempat kediaman militan Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL--Pasukan keamanan Afganistan bekerja sama dengan pasukan NATO mengklaim menewaskan 18 gerilyawan dalam suatu penyerangan.

''Polisi Nasional Afghanistan (ANP) bekerjasama dengan NATO melancarkan operasi pembersihan di delapan pos Taliban. Delapan tempat itu adalah Kabul, Laghman, Kunduz, Kandahar, Wardak, Logar, Ghor dan Provinsi Helmand ,'' kata seorang menteri seperti dikutip dari Xinhua, Rabu, (3/10).

Dia menambahkan selain menewaskan 18 orang, pihaknya juga menahan 17 orang lainnya serta sejumlah senjata. Salah satu kelompok militan yang menjadi target operasi adalah jaringan Haqqani. ''Pasukan koalisi telah melakukan operasi di distrik Pul-e-Alam, Provinsi Logar pada Selasa, (2/10) kemarin. Akibat serangan tersebut pemimpin Haqqani berhasil ditangkap,'' kata pasukan keamanan internasional (ISAF) pada Rabu, (3/10).

Hingga kini, pihak Taliban masih belum memberi tanggapan akan hal tersebut. Pemerintah Afghanistan juga tidak menjelaskan apakah ada korban dari pihak pasukan keamanan. Jaringan Haqqani adalah salah satu kelompok militan yang banyak beroperasi di provinsi Afghanistan Timur dan kota Kabul. Mereka telah melakukan berbagai serangan termasuk bom bunuh diri dan pengembangan alat-alat peledak

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement