Kamis 04 Oct 2012 22:13 WIB

Romney Tawarkan Solusi Atasi Masalah AS

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Karta Raharja Ucu
Mitt Romney
Foto: India Vision
Mitt Romney

REPUBLIKA.CO.ID, DENVER -- Calon presiden Amerika Serikat, Mitt Romney menawarkan beberapa solusi untuk mengeluarkan AS dari jurang kebangkrutan.

Solusi itu dilontarkan capres Partai Republik itu pada debat capres AS yang digelar di University of Denver, Rabu (3/10) malam waktu setempat. Tidak kurang dari 50 juta pasang mata menyaksikan acara tersebut.

Dalam debat itu Romney menyebut Obama gagal mengeluarkan negara adi kuasa itu dari resesi ekonomi terburuk dalam sejarah AS. Mantan Gubernur Massachusetts ini menilai Obama sebagai presiden petahana sudah menyeret AS ke jurang kebangkrutan. (baca: Romney: Obama Bikin AS Bangkrut).

"Anda (Obama) telah menjadi presiden selama empat tahun,'' ujar dia, seperti dikutip the New York Times, Kamis (4/10).

Untuk itu, Romney menawarkan pemotongan beberapa pos subsidi. Di antaranya pemotongan program kesehatan sebesar 716 Miliar dolar AS dan merencanakan pengurangan pajak penghasilan bagi kalangan tertentu hingga lima triliun dolar AS.

Langkah itu menurut Romney untuk meringankan beban pemerintahan yang selama ini menyulitkan keuangan negara. Pemotongan pajak, kata Romney, tidak dimaksudkan untuk mengurangi pendapatan pemerintah. Prinsip yang ditawarkannya adalah pemotongan pajak yang tidak menambah defisit keuangan negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement