Jumat 05 Oct 2012 14:27 WIB

AS Tangkap Gembong Narkoba Kolombia

Bubuk kokain.
Foto: WordPress
Bubuk kokain.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Seorang gembong narkoba asal Kolombia, Luis Enrique Calle, menyerahkan diri setelah diburu agen Badan Anti-Narkoba AS (DEA) di Panama, Kamis.

"Para penjahat ini tidak punya pilihan. Tekanan oleh pasukan keamanan menyebabkan mereka tidak punya ruang gerak dan karena itu mereka akhirnya menyerahkan diri," kata Menteri Pertahanan Kolombia Juan Carlos Pinzon dalam jumpa wartawan di Bogota.

Calle (36 tahun) disebut sebagai pemimpin kelompok "Los Rastrojos", satu kelompok yang menguasai beberapa rute penyelundupan kokain ke Amerika Serikat tiap tahunnya. Dalam aksinya, kelompok "Los Rastrojos" dikenal tak segan melakukan tindakan kejam.

Luis Enrique adalah anggota keluarga Calle ketiga yang ditahan tahun ini. Javier Antonio Calle menyerah kepada agen-agen DEA di Aruba Mei lalu. Abangnya Juan Carlos ditangkap di Ekuador Maret.

Sebagai pemimpin Los Rastrojos, ketiga bersaudara itu menguasai rute-rute penting di sepanjang pantai Pasifik Kolombia dan menjalin hubungan dengan kartel narkoba Sinaloa di Meksiko.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement