Jumat 05 Oct 2012 23:00 WIB

Bocah Rusia Temukan Fosil Gajah Purba

Rep: Umi Lailatul/ Red: Didi Purwadi
Seorang anak kecil berjalan melewati patung raksasa gajah purba atau mamut.
Foto: Reuters/Tatyana Makeyeva
Seorang anak kecil berjalan melewati patung raksasa gajah purba atau mamut.

REPUBLIKA.CO.ID, TAYMYR -- Luar biasa. Kata itu nampaknya tepat disematkan ke anak ini. Lelaki ini telah menemukan fosil hewan purba mamut (mammoth) di dekat rumah mereka di Taymyr, Rusia Utara.

Penemuan tersebut berawal dari hal yang tak disengaja. Seperti dikutip dari Dailymail, kejadian bermula ketika anak berusia 11 tahun ini sedang menggali tanah di dekat luar rumahnya. Tiba-tiba, dia menemukan benda mirip kerangka.

Ketika digali lebih dalam, fosil itu mirip sebuah hewan gajah purba yang diperkirakan hidup lebih dari 100 tahun. Kondisi kerangka itu terlihat utuh dengan menyisakan rambut, tulang dan lapisan lemak.

News Moskow melaporkan bahwa para arkeolog memperkirakan binatang tersebut berjenis kelamin jantan. Dia diperkirakan mati sekitar 30 ribu tahun lalu pada usia 15 tahun dengan bobot 500 kg.

Rencananya kerangka gajah purba atau mamut ini akan dipamerkan di Museum Studi Taimir. Namun sebelum dipamerkan, fosil tersebut rencananya akan diteliti lebih dahulu oleh para ilmuwan St Petersburg.

Penemuan serupa juga pernah terjadi pada 1901 di Krasnoyarsk, Rusia.

sumber : www.dailymail.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement