Sabtu 06 Oct 2012 07:22 WIB

Meksiko Temukan Titik Eksplorasi Minyak Baru

Pengeboran sumur minyak bumi
Foto: Antara
Pengeboran sumur minyak bumi

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO CITY -- Meksiko menyatakan menemukan endapan minyak laut terbaru di Teluk Meksiko dengan kandungan minyak diperkirakan mencapai 125 juta barel.

"Kami mendapatkan sistem minyak bumi paling signifikan yang ditemukan oleh Pemex dalam beberapa tahun, bahkan mungkin puluhan tahun," Presiden Felipe Calderon mengumumkan, Jumat.

Dijuluki Supremus 1, penemuan terbaru oleh perusahaan energi milik negara, Pemex, berada di kedalaman sekitar 2.900 meter (9.514 kaki).

Menurut Calderon, penemuan ini akan memungkinkan Meksiko untuk meningkatkan produksi minyak tahunan hingga sepertiga. Dalam beberapa tahun terakhir, produksinya telah turun dari 3,2 juta barel per hari (bph) pada 2006 menjadi 2,55 juta barel per hari pada 2011.

Sebelumnya, Calderon juga mengumumkan penemuan sumur pertama Trion 1 - di zona yang sama, dengan cadangan diperkirakan antara 250 hingga 400 juta barel.

Eksplorasi zona ini, terletak 180 kilometer (112 mil) di lepas pantai Meksiko dan 39 kilometer selatan perbatasan maritim dengan Amerika Serikat, dimulai pada April dengan platform (anjungan) generasi terbaru.

Penemuan yang kedua terletak di lepas pantai negara bagian Tamaulipas di timur laut Meksiko.

Pemex merupakan sumber utama pendapatan otoritas pajak Meksiko dengan sekitar 45 miliar dolar setahun. Pemex akan membuka diri terhadap modal swasta pada tahun depan untuk pertama kalinya sejak nasionalisasi minyak bumi di Meksiko pada 1938.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement