Ahad 07 Oct 2012 15:02 WIB

Wabah Meningitis AS capai 64 Kasus

Rep: Umi Lailatul/ Red: Dewi Mardiani
Vaksin meningitis
Foto: .
Vaksin meningitis

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Penyakit meningitis di Amerika Serikat (AS) makin meluas. Pasien akibat penyakit itu telah mencapai 64 kasus dengan tujuh orang dilaporkan tewas. Pejabat kesehatan setempat melaporkan, penyakit tersebut saat ini telah menyebar ke sembilan negara bagian di AS.

 

Pusat Pengendalian dan Pengontrolan Penyakit (CDC) di Atlanta melaporkan, jumlah kasus meningitis saat ini meningkat dari 47 menjadi 64 kasus. Selang sehari sebelumnya, penyakit ini telah menyebabkan lima orang di tujuh negara bagian dilaporkan tewas.

Negara bagian Tennessee tercatat sebagai daerah terbanyak kasus meningitis dengan 29 kasus, Virginia (11 kasus), Michigan (8 kasus), Indiana (5 kasus), Florida (4 kasus), Maryland (3 kasus), North Carolina (2 kasus), Minnesota (1 kasus), dan Ohio (1 kasus).

Sampai saat ini, CDC Amerika masih mengidentifikasi sumber jamur penyebab penyakit tersebut. ''Sumber jamur belum teridentifikasi. Sementara itu, penyebab infeksi pada pasien lainnya juga masih diselidiki," kata CDC dalam situsnya seperti dikutip dari UPI.

Meningitis sendiri merupakan penyakit mematikan. Dalam kasus di AS, sumber penyebabnya adalah sejenis jamur. CDC menjelaskan, penyakit tersebut dapat terjadi ketika selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang terinfeksi. Penyakit ini dapat berkembang setelah terjadi penyebaran melalui aliran darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement