Selasa 16 Oct 2012 12:02 WIB

AS Dukung Sanksi Baru Uni Eropa Atas Iran

Bendera negara anggota Uni Eropa (ilustrasi)
Foto: UWORKERS
Bendera negara anggota Uni Eropa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat menyambut baik dan mendukung sepenuhnya keputusan Uni Eropa memberlakukan sanksi ekonomi baru terhadap Iran.

"Amerika Serikat menyambut baik pengesahan sanki baru Uni Eropa terhadap pemerintah Iran sebagai tanggapan atas pelanggaran yang dilakukan pemerintah Iran atas kewajiban internasionalnya mengenai program nuklirnya," kata Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney kepada wartawan saat ia melakukan perjalanan bersama Presiden AS, Barack Obama.

Carney mengatakan, tindakan oleh Uni Eropa tersebut akan memperkuat upaya internasional guna menekan dan mengucilkan pemerintah Iran atas penolakannya yang terus-menerus untuk mematuhi kewajiban internasionalnya dan bekerjasama secara penuh dengan IAEA.

Uni Eropa menambah sanksinya para Iran, termasuk larangan melakukan impor gas dari Iran. Tidak hanya itu, Uni Eropa juga telah menghentikan penayangan siaran-siaran televisi Iran.

Meski begitu Uni Eropa menekankan penyelesaian diplomatik dan mendesak Iran agar "mematuhi semua kewajiban internasionalnya".

Barat menuduh Iran secara diam-diam membuat senjata nuklir dengan kedok penggunaan sipil, tapi Teheran telah berulangkali membantah tuduhan Barat tersebut.

sumber : Antara/Xinhua-Oana
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement