Jumat 19 Oct 2012 12:48 WIB

AS-Thailand Bicarakan Pertahanan Kedua Negara

Ketua Gabungan Kepala Staf Jenderal Amerika Serikat (AS), Martin Dempsey
Ketua Gabungan Kepala Staf Jenderal Amerika Serikat (AS), Martin Dempsey

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Departemen Pertahanan AS, Kamis (18/10), menyatakan para pejabat senior Pentagon bertemu dengan para pejabat pertahanan Thailand pada pagi hari yang sama, dan membahas Pembicaraan Strategis Pertahanan Amerika Serikat-Thailand.

Pembicaraan Pertahanan Strategis, seperti dilaporkan Xinhua, Jumat (19/10), digambarkan oleh Pentagon sebagai forum utama kedua sekutu itu untuk mengkoordinasikan kebijakan keamanan dan mengkonsultasikan sejumlah masalah keamanan. Pembicaraan tersebut dipimpin oleh Asisten Menteri Pertahanan AS Urusan Keamanan Asia Pasifik, Mark Lippert, dan Sekretaris Pertahanan Tetap Thailand, Jenderal Thanongsak Apirakyothin.

Delegasi kedua negara kembali menegaskan pentingnya kesiapan dan kemampuan antar-operasi bilateral serta multilateral, dan sangat mengharapkan langkah selanjutnya bagi persekutuan itu. Keduanya berharap komitmen mereka untuk melanjutkan dialog pejabat senior pertahanan dan kunjungan pejabat senior pertahanan pada masa depan.

Amerika Serikat telah mengalihkan prioritas strategisnya ke wilayah Asia Pasifik. Para pejabat senior AS, termasuk Wakil Menteri Pertahanan, Ashton Carter, serta Kepala Staf Gabungan, Martin Dempsey, telah mengunjungi Thailand dalam beberapa bulan belakangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement