Rabu 24 Oct 2012 02:42 WIB

Empat Bulan, Iran Ekspor Minyak Mentah 20 Juta Barel

Ekspor Minyak Iran
Foto: presstv
Ekspor Minyak Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Kepala Eksportir Produk Minyak, Gas dan Petrokimia, Hassan Khosrojerdi mengungkapkan sektor swasta Iran telah mengekspor lebih dari 20 juta barel minyak mentah selama empat bulan terakhir.

"Berbekal kapal tanker minyak dan perusahaan asuransi dalam negeri, sektor swasta Iran telah mengeskpor lebih dari 20 juta barel minyak mentah ringan dan berat ke pasar internasional sejak empat bulan lalu," ujarnya di Teheran, Selasa (23/10) seperti dinukil Kantor Berita Fars.

Pada pertengahan Juli lalu, Menteri Industri, Tambang dan Perdagangan Iran, Mehdi Qazanfari mengonfirmasi laporan di mana pemerintah telah memutuskan untuk menjual minyak mentah melalui sektor swasta.

"Pemerintah telah memutuskan untuk memasok minyak melalui sektor swasta dan sementara pasokan minyak mentah akan dipusatkan dalam satu perusahaan tunggal (milik pemerintah)," kata Qazanfari.

"Dengan cara ini, sektor swasta dapat menjual minyak dengan uang muka rendah dan dengan harga yang lebih rendah dari Kementerian Minyak dan pendapatan akan dikembalikan ke negara dalam bentuk tunai atau dalam bentuk impor barang," bebernya lagi.

Iran memegang ketiga terbesar di dunia cadangan minyak dan terbesar kedua cadangan gas alam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement