Kamis 25 Oct 2012 03:02 WIB

Lihat Kemajuan Portugal, IMF Kucurkan Lagi 1,5 Miliar Euro

Dana Moneter Internasional (IMF)
Foto: www.topnews.in
Dana Moneter Internasional (IMF)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Dana Moneter Internasional (IMF), Rabu, mencairkan 1,5 miliar euro (1,9 miliar dolar AS) tahapan pinjaman kepada Portugal. Bantuan dikucurkan usai mengkaji kemajuan di bawah program dana talangan.

"Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional hari ini menyelesaikan kajian kelima kinerja Portugal di bawah program ekonomi yang didukung oleh pinjaman selama tiga tahun sebesar 28,2 miliar euro," IMF mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat.

Lembaga yang bermarkas di Washington itu mengatakan akan menerbitkan laporan stafnya tentang kajian kelima program Portugal pada Kamis.

Pada Mei 2011, Portugal diselamatkan dari ancaman default (gagal bayar) dengan gabungan dana pinjaman IMF-Uni Eropa mencapai total 78 miliar euro.

Di bawah program penyelamatan yang menetapkan pemotongan belanja, kenaikan pajak dan reformasi untuk meningkatkan efisiensi dalam perekonomian, Lisbon seharusnya telah mendapatkan cukup kepercayaan untuk dapat membiayai kembali dirinya sendiri secara normal di pasar modal swasta mulai tahun depan.

Utang Portugal mencapai hampir 190 miliar euro pada akhir kuartal pertama tahun ini, atau sekitar 112 persen dari produk nasional bruto, menurut data dari Eurostat, unit statistik Uni Eropa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement