Jumat 26 Oct 2012 12:51 WIB

AS Kirim Tentara ke Turki

Letnan Jenderal Mark Phillip Hertling
Letnan Jenderal Mark Phillip Hertling

REPUBLIKA.CO.ID, Komandan Pasukan AS, Letnan Jenderal (Letjen) Mark Phillip Hertling mengatakan Pentagon baru-baru ini mengirim sejumlah tentara ke Turki. Hal itu dilakukan untuk membantu Ankara menangani krisis Suriah.

"Jumlah tentara dari Angkatan Darat AS dengan personel Eropa yang kami kirim ke Turki baru-baru ini relatif sedikit," ujarnya seperti dilaporkan surat kabar Turki Hurriyet, Kamis (25/10).

Hertling mencatat Turki risau bagaimana menangani krisis kemanusiaan yang terjadi di perbatasan Suriah. "Sekarang sudah bulan Oktober. Turki sangat merisaukan musim dingin yang sudah dekat dan bagaimana mengatasi krisis kemanusiaan di perbatasan," jelasnya.

Turki bisa saja meminta bantuan tentara Amerika dalam operasi evakuasi tapi menurut Hertling sampai sejauh ini Turki belum mengajukan permohonan bantuan. 

Suriah telah mengalami kerusuhan sejak Maret 2011. Damaskus mengatakan teroris bersenjatalah yang memicu kerusuhan dan kekerasan. Sementara oposisi menuduh pasukan keamanan Suriahlah dalang pembunuhan yang ada.

Pemerintah Suriah mengatakan bahwa kekacauan yang terkadi telah diatur pihak asing dan menuduh Arab Saudi, Qatar, dan Turki telah mempersenjatai oposisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement