Rabu 31 Oct 2012 06:30 WIB

Presiden SBY Naik Kereta Kuda Menuju Buckingham

Rep: Esthi Maharani/ Red: Hafidz Muftisany
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: Antara
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Perlakuan istimewa akan diberikan lagi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Ani Yudhoyono dan delegasi dari Indonesia.

Rencananya, saat menuju Istana Buckingham pada Rabu siang (31/10), Presiden dan rombongan terbatas akan menaiki kereta kuda. Seremoni itu akan dilakukan setelah The Duke of York, Pangeran Andrew menjemput Presiden di Hotel Grosvenor House.

Presiden akan dibawa ke Royal Pavillion, Horse Guard Parade. Saat itu, ditembakkan 41 kali dentuman meriam kehormatan kerajaan oleh the King's Troop Royal Horse Artillery di Green Park dan 62 kali dentuman meriam kehormatan kerajaan oleh the Honourable Artillery Company di Tower of London.

Presiden dan Ibu Negara pun disambut oleh Ratu Elizabeth II beserta The Duke of Edinburgh. Ratu Inggris pun memperkenalkan Presiden kepada delegasi resmi Inggris dan The Duke of Edinburgh memperkenalkan delegasi resmi Inggris kepada ibu negara.

Setelah perkenalan, dilanjutkan dengan Royal Salute diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Presiden didampingi The Duke of Edinburgh dan komandan pasukan kehormatan memeriksa pasukan kehormatan sejumlah 85 orang.

Setelah itu, Presiden dengan Ratu Elizabeeth II akan naik ke kereta kuda Nomor 1. Secara terpisah, ibu Ani didampingi Duke of Edinburgh naik kereta kuda nomor 2 menuju Istana Buckingham.

Sementara delegasi resmi Indonesia yang berjumlah 10 orang akan naik kereta berikutnya. Totalnya, ada tujuh kereta kuda Kerajaan Inggris.

Kereta kuda itu menuju Istana Buckingham sekitar pukul 13.10. Selama perjalanan itu, lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Inggris diperdengarkan. Prosesi kereta kuda melalui the Mall, Queens Gardens (sisi selatan), dan Gerbong Tengah Istana Buckingham dengan jarak sekitar 1km

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement