Rabu 31 Oct 2012 22:14 WIB

Seperti Jakarta, London Pun Macet

Jam Big Ben di Kota London, Inggris.
Jam Big Ben di Kota London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Siapa bilang kemacetan hanya milik Jakarta. Ibu kota Inggris, London pun punya situasi yang sama.

Seperti dilaporkan wartawan Republika, Esthi Maharani yang tengah mengikuti kunjungan Presiden SBY di London, kemacetan terjadi ketika menuju Horse Guards dari Hotel Millenium Mayfair. Beberapa kemacetan disebabkan banyaknya perempatan dan lampu merah di sepanjang jalan di London.

Bedanya, meskipun macet, tidak ada perang klakson seperti di Jakarta. Tidak ada pula bis-bis seperti kopaja yang bisa seenaknya nyalib di jalanan besar. Tidak ada pula pejalan kaki yang asal menyeberang. Kebanyakan orang di London menyeberang di zebra cross dengan terlebih dahulu menekan tombol di lampu merah.

Di Inggris, kemacetan pun teratur meskipun jalan raya yang ada tidak terlalu besar dan hanya muat untuk empat lajur kendaraan. Rata-rata yang tampak adalah mobil pribadi dan kendaraan umum berupa bis tingkat.

Motor besar sesekali tampak. Sepeda pun juga cukup mendominasi. Bahkan terdapat shelter yang menyewakan sepeda seharga 2 poundsterling.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement