Kamis 01 Nov 2012 09:20 WIB

Rusia Kirim Pesawat Pengintai Perompak Tanduk Afrika

Perompakan di Laut Aden, Somalia (ilustrasi)
Perompakan di Laut Aden, Somalia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Menteri Pertahanan Rusia, Anatoly Serdyukov, mengatakan Moskow berharap akan mengirim pesawat-pesawat pengintai ke sebuah pangkalan Prancis di Dibouti. Pengiriman ini dilakukan untuk melanjutkan upaya anti-perompakan di kawasan Tanduk Afrika.

Serdyukov menggelar pertemuan dengan Menteri Pertahanan Prancis, Jean-Yves Le Drian, di Paris, pada Rabu lalu. Tempat dimana mereka melakukan pembicaraan mengenai penempatan pesawat-pesawat pengintai di pangkalan Prancis di Dibouti.

Serdyukov menambahkan Prancis dan Rusia sudah melakukan patroli gabungan di Teluk Aden untuk memerangi pembajakan di laut. Kedua menteri itu menyatakan keinginan mereka melanjutkan kerja sama dalam upaya anti-perompakan.

Djibouti menjadi pangkalan operasi sejumlah negara untuk menumpas perompak yang bermarkas di Somalia. Pekan lalu, Biro Maritim Internasioal mengumumkan bahwa perompakan turun ke tingkat terendah sejak 2008 setelah angkatan laut internasional melakukan operasi menangkal serangan bajak laut Somalia.

Namun, badan pengawas maritim itu menambahkan perairan Somalia masih tetap berbahaya. Perompak yang beroperasi di lepas pantai Somalia meningkatkan serangan pembajakan terhadap kapal-kapal di Lautan India dan Teluk Aden. Meski, angkatan laut asing digelar di lepas pantai negara Tanduk Afrika itu sejak 2008.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement