Senin 05 Nov 2012 11:17 WIB

SBY Ikuti KTT Ke-9 ASEM

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: Haji Abror Rizki/Rumgapres
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, VIENTIANNE -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan mengikuti KTT KE-9 ASEM (Asia Europe Meeting) yang dipusatkan di National Convention Center. Sejumlah pemimpin negara yang hadir dalam KTT kali ini, di antaranya adalah PM Slovenia Janez Janša, PM Vietnam Nguyen Tan Dung, PM Norwegia Jens Stoltenberg, dan PM Pakistan Raja Pervaiz Ashraf.

Presiden dijadwalkan berada di Laos selama tiga hari dua malam dan akan kembali ke tanah air pada hari Selasa, tanggal 6 November 2012.

Menurut Staf Khusus Presiden bidang Luar Negeri, Faizasyah, kunjungan kenegaraan Presiden tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kerja sama kedua negara, baik secara bilateral maupun dalam konteks upaya bersama menyikapi berbagai isu global

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja kali ini, di antaranya Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menperin MS Hidayat, Mendag Gita Wirjawan, Menparekraf Marie Elka Pengestu.

Sebelumnya, Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono tiba di Laos pada Ahad siang (4/11). Rombongan disambut Duta Besar Republik Indonesia untuk Laos, Kria Fahmi Pasaribu, beserta jajarannya dan para menteri yang telah mendahului tiba di Laos, di antaranya Menpora Andi Mallarangeng dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam.

Dari bandara, Presiden langsung menuju kawasan ASEM Villas yang terletak di Don Chan Island, tempat Presiden dan Ibu Ani mengingap selama melakukan kunjungan kerja di Laos. Sore hari, pukul 15.00, Presiden menemui Presiden Laos Choummaly Sayasone di Istana Ho Kham.

Kedua Kepala Pemerintahan kemudian memimpin delegasi masing-masing untuk melakukan pembicaraan bilateral. Pada akhir pertemuan, SBY dan Sayasone menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman mengenai aktivitas bersama untuk meningkatkan komunikasi dan konsultasi bilateral. MoU ditandatangani Menlu Marty Natalegawa dan Menlu Laos Thongloun Sisoulith.

Sekitar pukul 16.00 waktu Laos, Presiden SBY meninggalkan Istana Ho Kham sekaligus menyudahi kunjungan kenegaraan kepada Presiden Sayasone

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement