Kamis 08 Nov 2012 09:05 WIB

Taliban: Obama Harus Pulangkan Pasukan di Afghan

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Hafidz Muftisany
Presiden AS Barack Obama
Foto: AP
Presiden AS Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Taliban Afghanistan menanggapi terpilihnya kembali Barack Obama sebagai Presiden AS dengan menuntut pasukan AS harus segera hengkang dari Afghanistan

Juru Bicara Taliban Afghanistan Zabiullah Mujahid mengatakan, pihaknya melihat Obama telah sadar untuk menghentikan perang. Ia pun meminta penarikan pasukan AS dari Afghanistan sesegera mungkin.

"Obama menyadari bahwa Amerika bosan dengan perang dan biaya melelahkan perang. Oleh karena itu, ia harus menarik pasukan dari negara kami sesegera mungkin dan mencegah kematian lebih banyak warga Amerika, mencegah AS melakukan kejahatan perang lebih banyak di dunia" kata Mujahid seperti dikutip al jazeera.

Menurut Mujahid, selama ini Obama telah mulai menarik diri dari perang Afghanistan. Sebelum menjabat presiden pun, Obama berjanji menarik pasukan AS dari Timur Tengah. Namun hingga kini, tentara AS belum sepenuhnya menarik diri.

"Obama menyadari AS sia-sia perang di Afghanistan. Alih-alih menyeret kakinya dan membuat alasan, ia harus mempercepat penarikan pasukan," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement