Jumat 09 Nov 2012 08:06 WIB

Berlian Terlangka 76 Karat Dilelang Rp 144 Miliar

berlian (ilustrasi)
Foto: ap
berlian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Salah satu berlian paling terkenal dan terlangka di dunia, Archduke Joseph, dipamerkan di Jenewa, Kamis, oleh Departemen Perhiasan Christie's. Berlian diharapkan akan terjual dengan nilai lebih dari 15 juta dolar.

Berlian yang terdiri dari berbagai permata yang mencapai 76,02 karat itu akan dilelang pada 13 November mendatang.

Spesialis Departemen Perhiasan Christie's, Jean-Marc Lunel, mengatakan bahwa dengan potongan, lekuk, warna dan tingkat kejernihan Archduke Joseph, maka bisa disimpulkan bahwa permata itu adalah salah satu yang paling berharga yang pernah dihadirkan dalam lelang.

Berlian itu diketahui berasal dari tambang berlian kuno Golconda di India. Tambang yang merupakan sumber dari beberapa berlian yang paling didambakan sepanjang sejarah.

Salah satunya seperti Koh-i-noor yang merupakan bagian dari Royal Collection di Menara London. Lainnya adalah Regent yang dianggap sebagai berlian terbaik di deretan batu permata Mahkota Prancis.

Menurut Lunel, berlian itu tercatat pernah dimiliki oleh Palatine Hungaria, Archduke Joseph August dari Austria (1872-1962), dan dinamai sesuai pemiliknya.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement