Jumat 09 Nov 2012 13:48 WIB

Siapa Saja Kandidat Pemimpin Cina? (3-habis)

Wajah Kandidat Pemimpin Cina kiri ke kanan, Xi Jinping, Li Keqiang, Wang Qishan, Wang Yang, Li Yuandong
Foto: AP/REUTERS/ROL Montase
Wajah Kandidat Pemimpin Cina kiri ke kanan, Xi Jinping, Li Keqiang, Wang Qishan, Wang Yang, Li Yuandong

REPUBLIKA.CO.ID, Empat lagi calon kandidat pemimpin Partai Komunis Cina

Zhang Gaoli

Pria 65 tahun ini adalah ketua partai dari kota pelabuhan Tianjin dan anggota Politbiro sejak 2007. Dipandang sebagai sekutu Jiang Zemin tetapi juga diterima oleh Presiden Hu, yang telah mengunjungi Tianjin tiga kali sejak 2008. Ia memperkenalkan reformasi keuangan dalam upaya untuk mengubah kota ini menjadi pusat keuangan di Cina utara.

 

Wang Yang

Dipandang Barat sebagai mercusuar reformasi politik.  Dia tidak termasuk dalam daftar calon Komite Tetap yang disukai yang disusun oleh Xi, Hu, dan pendahulunya, Jiang Zemin, menurut sumber yang dekat dengan kepemimpinan.  Dia pernah mendapat rapor merah untuk usulan reformasi sosial dan politik.

 

 

Yu Zhengsheng

Sukses memajukan Shanghai, dia dianggap the rising star di pertengahan 1980-an sampai suatu ketika saudaranya, seorang pejabat intelijen, membelot ke Amerika Serikat.

Dia selamat karena dekat dengan Deng Pufang, putra tertua almarhum pemimpin tertinggi Deng Xiaoping.

 

 

Liu Yandong

Satu-satunya wanita diberikan kesempatan yang serius untuk bergabung dengan Komite Tetap partai, tetapi dianggap sebagai kuda hitam. Ia sosok langka sejak 1949 wanita diberi jatah di Komite Politbiro. Bahkan Jiang Qing, janda mendiang Mao Zedong, tak berhasil melangkah sejauh ini.

Jika dipromosikan, dia bisa mengepalai badan penasehat parlemen, namun usianya, kini 67 tahun, juga akan memaksa dia untuk pensiun setelah hanya satu periode.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement