Jumat 09 Nov 2012 13:57 WIB

Begini Hierarki dalam Partai Komunis Cina

Elite Partai Komunis Cina menggelar kongres yang dibuka pada Kamis (8/11/2012) oleh Presiden Hu Jiantao
Foto: AP
Elite Partai Komunis Cina menggelar kongres yang dibuka pada Kamis (8/11/2012) oleh Presiden Hu Jiantao

REPUBLIKA.CO.ID, Partai Komunis Cina telah memerintah negara itu sejak 1949, tak mentoleransi oposisi, dan "kejam" pada perbedaan pendapat.

Pengambilan keputusan utama partai adalah komite politbiro. Anggota politbiro tidak dipilih melalui pemungutan suara yang kompetitif, mengandalkan "takdir" dan kemampuan serta naluri bertahan hidup dalam budaya politik partai. Salah langkah, mereka bakal menjadi pesakitan di tahanan atau lebih buruk lagi.

Secara formal, kekuasaan mereka berasal dari posisi mereka di politbiro. Namun di Cina, hubungan personal lebih dari jabatan. Pengaruh seorang pemimpin terletak pada caranya membangun kesetiaan dengan atasan dan anak didik, sering selama beberapa dekade.

Itu adalah bagaimana Deng Xiaoping tetap menjadi pemimpin tertinggi lama setelah mengundurkan diri dari jabatan resminya, dan itu menjelaskan mengapa para senior dalam partai kadang-kadang memainkan peran kunci dalam keputusan besar.

Politbiro mengontrol tiga badan penting lainnya dan memastikan garis partai ditegakkan.

Partai Komunis

Partai Komunis Cina membuat partai politik terbesar di dunia. Garis organisasi yang ketat membantu menjelaskan mengapa partai ini tetap bercokol hingga kini.

Partai mengawasi dan mempengaruhi banyak aspek kehidupan masyarakat - apa yang mereka pelajari di sekolah dan tonton di TV, pekerjaan, dan perumahan, bahkan hingga jumlah anak yang diizinkan.

Kelompok elite yang sebagian besar terdiri dari pejabat pemerintah, perwira militer, dan publik figur. Pebisnis kini juga diundang untuk bergabung dalam jajaran petinggi partai.

Bergabung dengan partai membawa hak istimewa yang signifikan, yang menjelaskan mengapa keanggotaan terus meningkat. Anggota mendapatkan akses pada informasi yang lebih baik, anak-anak mereka bersekolah lebih baik, dan banyak pekerjaan yang hanya terbuka untuk anggota.

Paling signifikan di Cina, di mana hubungan pribadi sering lebih penting daripada kemampuan, anggota mendapatkan akses pada jaringan dengan para pembuat keputusan yang mempengaruhi karir, hidup, atau bisnis mereka.

Untuk bergabung, pemohon memerlukan dukungan anggota yang ada dan untuk menjalani pemeriksaan lengkap dan pemeriksaan oleh cabang partai lokal mereka. Mereka kemudian menghadapi masa percobaan satu tahun, dengan aktif dilakukan penilaian dan pelatihan.

Partai ini memiliki struktur piramida bertumpu pada jutaan organisasi partai tingkat lokal di seluruh negerihingga badan pembuat keputusan tertinggi di Beijing.

Secara teori, puncak piramida adalah Kongres Nasional Partai, yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali. Sebanyak 2.000 delegasi perwakilan partai dari seluruh negeri hadir.

Fungsi utama kongres adalah untuk "memilih" komite sentral sekitar 200 anggota penuh dan 150 anggota alternatif, meskipun pada kenyataannya hampir semua orang-orang ini disetujui.

Pada gilirannya, tugas utama komite sentral adalah untuk memilih politbiro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement