Kamis 15 Nov 2012 20:51 WIB

Xi Jinping Pimpin Cina

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Chairul Akhmad
Xi Jinping.
Foto: AP Photo
Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Xi Jinping terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Cina (CPC), menggantikan pemimpin sebelumnya, Hu Jintao.

Dia terpilih melalui sidang pleno anggota Komite Sentral CPC ke-18 yang berakhir Kamis (15/11) waktu setempat di Great Hall People, Beijing.

Kongres CPC kali ini mengalami spekulasi politik yang kental awalnya. Hal itu tampak dari pidato pembuka kongres, Kamis (8/11) lalu.

Jintao mengatakan pergeseran kekuasan di Cina tidak akan mengubah sikap tegas negara tersebut terhadap perilaku korup para penguasa. Dia bermaksud menyindir beberapa nama petinggi partai yang tersorot dalam pemberitaan internasional.

Sebut saja diantaranya Bo Xilai, mantan petinggi partai yang terseret dalam pusaran skandal pembunuhan seorang pengusaha asal Inggris, Neil Heywood, November tahun lalu.

Bo tidak lain adalah satu dari beberapa kandidat terkuat yang disiapkan untuk menggantikan Jintao. Nama lain yang membuat spekulasi adalah Perdana Menteri Wen Jinbao. Pemberitaan internasional menyudutkannya sebagai pejabat yang kaya mendadak setelah menjabat.

Terpilihnya Xi sebagai pucuk pimpinan tertinggi partai penguasa, akan menggiringnya ke kursi pemimpin Cina ke-10, mengganti Presiden Hu Jintao, yang akan meletakkan jabatannya Maret 2013 mendatang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement