Sabtu 17 Nov 2012 06:37 WIB

Tidak Pakai Cadar, Puluhan Wanita Ditangkapi

Milisi Mali
Foto: AFP
Milisi Mali

REPUBLIKA.CO.ID, BAMAKO -- Militan Alqaidah di Maghribi Islam (AQIM) di kota Timbuktu, Mali, menangkap puluhan wanita yang tidak memakai cadar dalam dua hari terakhir. Demikian kata sejumlah saksi pada Jumat.

"Puluhan wanita ditangkap pada Kamis dan Jumat oleh AQIM karena tidak memakai cadar," kata seorang pejabat setempat yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Militan garis keras katanya memasuki rumah-rumah untuk menangkap wanita yang tidak bercadar. Seorang warga lain mengkonfirmasi penangkapan itu dengan mengatakan,"Mereka menangkap wanita dari rumah-rumah ketika kita berbicara. Mereka datang menangkap saudara perempuan saya yang tidak memakai cadar ketika ia berada di rumah."

Timbuktu adalah salah satu kota utama di Mali utara yang dikuasai muslim garis keras. Mereka berkuasa setelah mengalahkan suku Tuareg yang menguasai wilayah itu pada Maret.

Kelompok garis keras, yang kata para ahli bertindak di bawah payung cabang Alqaidah Afrika Utara, kini menguasai kawasan Mali utara. Wilayah yang luasnya lebih besar daripada Prancis.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement