Ahad 18 Nov 2012 13:26 WIB

Obama Hadiri KTT ASEAN

Rep: Arys Hilman, laporan langsung dari Phnom Penh/ Red: Chairul Akhmad
Presiden AS Barack Obama.
Foto: AP Photo/Chris Carlson
Presiden AS Barack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH – Presiden AS Barack Obama dijadwalkan tiba di Phnom Penh, Senin (19/11). Ia akan mengikuti pertemuan para pemimpin ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan ini masih terkait dengan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-21 yang berlangsung mulai 18 November.

Obama akan tiba bersama Menlu AS Hillary Rodham Clinton. Sebelumnya, mereka mengunjungi Myanmar. Keduanya akan meninggalkan Phnom Penh pada Kamis (20/11).

Selain mengikuti pertemuan dengan negara-negara ASEAN, Amerika Serikat juga hadir pada KTT Asia Timur ke-7.

Lawatan luar negeri Obama kali ini merupakan yang pertama setelah ia terpilih kembali sebagai presiden AS. Tercakup di dalamnya pula, kunjungan ke Thailand. Amerika berkepentingan besar dalam membina hubungan dengan ASEAN untuk menghadapi kian kuatnya pengaruh Cina di kawasan ini.

ASEAN meliputi kawasan dengan jumlah penduduk mencapai 600 juta jiwa dengan total pendapatan 1,85 triliun dolar AS atau sekitar Rp 16.500 triliun. Perhimpunan bangsa-bangsa ini akan meningkatkan status menjadi Masyarakat ASEAN pada 2015.

Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao, juga hadir pada rangkaian acara tersebut, Demikian pula Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak, PM Jepang Yoshihiko Noda, PM India Manmohan Singh, PM Australia Julia Gillard, dan PM Selandia Baru John Key.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement