Senin 19 Nov 2012 17:42 WIB

Berkonflik 50 Tahun, Kolombia & FARC akan Damai

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Angkatan Kiri Bersenjata Revolusioner Kolombia, FARC
Foto: deadliestfiction.wikia.com
Angkatan Kiri Bersenjata Revolusioner Kolombia, FARC

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA -- Pemerintah Kolombia dan kelompok oposisi Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) bertemu di Havana, Senin (19/11). Keduanya melakukan dialog perdamaian untuk mengakhiri perang sipil yang telah berlangsung hampir setengah abad.

Pertemuan tersebut menjadi kali pertama setelah upaya negosiasi sepuluh tahun tak membuahkan hasil. FARC memberontak pemerintah Kolombia selama hampir setengah abad dan menjadi pemberontakan terlama di Amerika Latin.

Puluhan ribu nyawa terenggut dan jutaan warga mengungsi akibat konflik tersebut. Tiga proses perdamaian pernah diupayakan kedua pihak. Kesemuanya gagal.  Pertemuan kali ini dinyatakan baik pemerintah maupun FARC sebagai pertemuan berbeda.

Mereka optimis pertemuan di Havana tersebut menjadi akhir dari konflik yang panjang. Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, mengatakan keinginannya agar dilahirkan sebuah kesepakatan dalam waktu sembilan bulan.

Hanya saja rentang waktu tersebut diragukan berhasil. Pasalnya, kedua belah pihak menghadapi banyak masalah pelik dalam lima poin rencana. Sehingga penyelesaian konflik akan dimulai terlebih dahulu dengan pembangunan pedesaan.

Empat poin lain baru diupayakan setelahnya, yakni terkait masa depan politik dan hukum para anggota FARC, ketidakpastian akhir konflik, masalah perdangangan narkoba serta kompensasi korban perang.

Negosiasi Senin pun difokuskan pada isu reformasi tanah di Kolombia.  Mengingat isu tersebut telah bermasalah sejak pembentukan FARC di tahun 1960an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement