Selasa 20 Nov 2012 02:13 WIB

Keluarga Veteran AS Minta Larangan Terbang Dihapus

Rep: Agung Sasongko/ Red: Dewi Mardiani
Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR)
Foto: www.cair.com
Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR)

REPUBLIKA.CO.ID, OKLAHOMA -- Geram dengan perlakuan diskriminatif pemerintah AS terkait larangan terbang memicu keluarga veteran tentara mengeluarkan petisi via online. Dalam petisi itu, mereka mendesak pemerintah AS menghapus daftar larangan terbang itu.

Petisi itu dikeluarkan AL Long, adik perempuan Saadiq Long, veteran yang masuk daftar larangan terbang. Lebih dari 6.000 tanda tangan menyertai petisi yang dibuatnya. Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) Oklahoma turut mendukung petisi itu.

Sebelumnya, Saadiq yang mengabdi selama satu dekade di militer AS ini hendak membeli tiket pesawat menuju Oklahoma. Ini merupakan kunjungan pertama setelah ia menghabiskan waktu mengajar bahasa Inggris di Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Qatar. Namun, ia dikejutkan dengan pemberitahuan perwakilan maskapai penerbangan bahwa ia tidak bisa masuk ke dalam pesawat.

Saadiq tidak peduli dengan yang dilakukan pemerintah, namun ia lebih memikirkan ibunya. Tidak mungkin ia memaksa ibunya untuk mengunjunginya. "Beliau berjalan saja sulit. Jelas saya tidak bisa pergi dari Qatar. Tidak mungkin saya menggunakan perahu," kata dia.

AL berharap kakaknya bisa kembali pulang. Sebab, ibunya sangat menantikan kehadiran kakaknya itu. Harapan yang sama juga dilontarkan CAIR. "Saya kira, Saadiq harus pulang," kata Direktur CAIR Oklahoma, Adam Soltani, seperti dilansir onislam.net.

Sebelum kasus Saadiq, satu keluarga muslim juga dilarang memasuki pesawat ketika hendak menuju Orlando, Florida, dengan masalah serupa. Yang membuat geger, enam imam tidak masuk dalam daftar penumpang ketika hendak memasuki pesawat hanya karena perilaku mencurigakan.

Mereka ditahan dan dinterograsi selama lebih dari lima jam. Keenam imam itu akhirnya mengajukan gugatan ke pengadilan federal guna menuntut keadilan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement