Selasa 20 Nov 2012 13:15 WIB

AS Jatuhkan Sanksi untuk Pejabat Senior Hizbullah

Ali Mussa Daqduq Al-Musawi
Foto: dailystar
Ali Mussa Daqduq Al-Musawi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Pemerintah AS, menjatuhkan sanksi atas seorang komandan senior kelompok gerilyawan Lebanon, Hizbullah dengan tuduhan menyerang pasukan AS di Irak.

Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi atas Ali Mussa Daqduq Al-Musawi karena bertindak atas nama Hizbullah dan bertanggungjawab atas sejumlah serangan terhadap pasukan AS di Irak, termasuk perencanaan serangan pada 2007.

Daqduq sebelumnya berada di dalam tahanan Irak, tapi ia dibebaskan pada Jumat (16/11), setelah pemerintah Irak memastikan tidak ada keterlibatan al-Musawi, kata pernyataan Departemen Keuangan AS.

Setelah penetapan tersebut, setiap aset yang mungkin dimiliki Daqduq di bawah jurisdiksi AS akan dibekukan dan warga negara Amerika akan dilarang terlibat transaksi dengan dia, demikian laporan Xinhua.

"Ali Mussa Daqduq Al-Musawi adalah tokoh berbahaya Hizbullah yang bertanggungjawab atas perencanaan dan pelaksanaan sejumlah aksi teror di Irak," kata Wakil Menteri Keuangan Urusan Terorisme dan Intelijen Keuangan David Cohen di dalam pernyataan yang sama.

Cohen menyatakan Amerika Serikat sangat kecewa bahwa Daqduq dibebaskan, dan berikrar akan melanjutkan upaya untuk menyeret dia ke pengadilan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement