Selasa 20 Nov 2012 11:25 WIB

Hizbullah Lebanon Janji Bantu Hamas

Rep: hannan putra/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Milisi Hamas berjalan di reruntuhan rumah yang hancur terkena serangan Israel di Rafah, Jalur Gaza, Jumat (16/11).
Foto: AP/Eyad Baba
Milisi Hamas berjalan di reruntuhan rumah yang hancur terkena serangan Israel di Rafah, Jalur Gaza, Jumat (16/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT--Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah menjanjikan kelompok Syiah Lebanon memberikan dukungan untuk para pejuang Hamas di Gaza dalam menghadapi serangan udara Israel. Janji dukungan itu disampaikannya dalam pidatonya di pinggiran selatan Beirut, Senin (19/11) seperti dikutip Arab News.

"Sebagian orang berspekulasi Israel bisa menggempur Hamas karena Hamas sudah ditinggalkan oleh Iran, Suriah, dan Hizbullah," kata Nasrallah dalam pidatonya. "Iran, Suriah, dan Hizbullah tidak akan menyerahkan rakyat Gaza begitu saja. Ini adalah kewajiban kita atas nama keagamaan, moral, dan kemanusiaan," tambahnya.

Pemimpin Hizbullah itu juga menyerukan kepada pemimpin Arab untuk mengirimkan senjata untuk Hamas. Ia bahkan sempat menyindir beberapa negara Arab di Teluk seperti Qatar dan Arab Saudi mampu mempersenjatai para pemberontak Suriah, namun diam terhadap Hamas.

"Beberapa negara mampu mengirim berbagai senjata ke Suriah, namun tidak berani mengirim satu peluru pun ke Palestina, karena mereka takut dengan Israel," sindirnya.

"Saat ini Israel tengah mencemaskan serangan roket dari Palestina. Maka kewajiban untuk membuka perbatasan dan mengirimkan roket lebih banyak lagi dan memasok senjata ke Gaza untuk mensupport perjuangan Hamas," tegas Nasrallah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement