Jumat 23 Nov 2012 03:11 WIB

Gulingkan Presiden, M23 Bertekad Kuasai Seluruh Kongo

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Dewi Mardiani
Peta Kongo
Foto: save-islam.blogspot.com
Peta Kongo

REPUBLIKA.CO.ID, GOMA -- Pasukan M23 berjanji akan membebaskan seluruh wilayah negara Kongo. Mereka pun menyatakan akan terus berusaha menggulingkan Presiden Kongo. Tekad tersebut disampaikan usai mereka merebut kota-kota perbatasan dan wilayah dekat ibu kota Kinshasa, serta kota besar kaya mineral Kongo, Goma.

Pasukan yang dituding sebagai pemberontak itu menyatakan akan berjuang menguasai seluruh wilayah negara yang merupakan kedua terbesar di Afrika dan tujuh wilayah negara terluas dunia tersebut. Dengan menguasai seluruh negara, M23 bermaksud mencopot Joseph Kabila dari jabatan presiden.

"Kabila harus pergi. Kami ingin negara kami kembali," ujar Kolonel M23 Vianney. Setelah berhasil menguasai Kota Goma, pemberontak pada hari Rabu mengambil alih Kota Sake saat bergerak menuju ibu kota Provinsi Bukavu. Kazarama mengatakan, perjalanan tersebut sebagai permulaan pembebasan Kongo.

"Perjalanan untuk membebaskan Kongo telah dimulai sekrang. Kami akan bergerak ke Bukavu, kemudian ke Kinshasa. Apakah Anda siap bergabung dengan kami?!" seru Kazarama di hadapan ribuan anggotanya yang berkumpul di Stadion Goma.

Pemerintah Kongo di Kinshasa mengeluarkan pernyataan kekalahan perang, Rabu. Namun pihak pemerintah pun mengatakan akan mengembalikkan situasi dan memenangkan perang melawan pemberontak. "Kemenangan akan menjadi milik kita, itulah yang warga Kongo inginkan," ujar pernyataan pemerintah Kongo.

Seorang analis, Felix Bafilemba mengatakan, gerak cepat M23 dalam menguasai beberapa wilayah negara merupakan tanda kelemahan tentara Kongo. Pemberontak yang mampu menguasai 978 mil arah barat dari Kinshasa menurut Bafilemba, menjadi tanda akhir rezim Kabila. "Ini adalah kemunduran bagi Kabila. Dia bahkan tak mampu mereformasi militer, terbukti dari jatuhnya Kota Goma. Ini menandai awal dari berakhirnya rezim Kabila," tuturnya.

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement