Selasa 27 Nov 2012 08:28 WIB

CCTV Ini Bisa Deteksi Rencana Jahat

REPUBLIKA.CO.ID, PENNSYLVANIA -- Kejahatan tidak pernah diprediksi sebelum kejahatan itu terjadi. Jarang sekali polisi bisa memprediksi di mana kejahatan akan terjadi. Namun di masa depan, kemungkinan polisi bisa memonitor calon-calon tindak kejahatan, seperti di film Tom Cruise, Minority Report.

Militer AS tengah mendanai sebuah penelitian perangkat lunak yang mampu membaca pikiran setiap orang di jalanan. Perangkat lunak ini terhubung pada kamera pengintai (CCTV) untuk melihat dan memprediksi apa yang akan dilakukan setiap orang sekitar.

Ilmuwan di Carnegie Mellon University Pittsburgh, Pennsylvania, telah mempresentasikan sebuah makalah yang menunjukkan bagaimana aktivitas 'meramal melalui CCTV' ini bekerja. 

Studi yang didanai U.S. Army Research Laboratory ini berfokus pada deteksi otomatis terhadap perilaku yang anomali dan mengancam. Perangkat lunak yang dinamai Mind's Eye ini menggunakan infrastruktur tingkat tinggi yang disebut dengan 'mesin kognitif'.

Sinyal juga akan menangkap berbagai sikap mencurigakan yang dilakukan setiap orang. Sinyal menangkap tingakan seperti berlari, menangkap, membawa, mengikuti, berlari, dan lain-lain. Rencananya perangkat ini akan dipasang di stasiun, bandara, terminal serta di militer. 

Jadi untuk penjahat dan calon penjahat, mulai hari ini harus berhati-hati dengan niat dan tindakan. Kalau tidak, bui menanti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement