Selasa 27 Nov 2012 21:21 WIB

Iran: Keamanan Laut Kaspia tak Perlu Kehadiran Asing

Laut Kaspia
Laut Kaspia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR ANZALI, PROVINSI GILAN -- Komandan Armada Keempat Angkatan Laut Iran Laksamana Muda Khordad Hakimi, Selasa, mengatakan negara pesisir Laut Kaspia mampu menyediakan keamanan regional, sehingga tak perlu kehadiran tentara asing mana pun.

Komandan tersebut mengeluarkan pernyataan itu saat berbicara kepada IRNA di kota pelabuhan provinsi tersebut pada kesempatan Hari Angkatan Laut Nasional, 27 November. Armada Keempat Angkatan Laut Iran ditempatkan di perairan Laut Kaspia dengan Markasnya di Bandar Anzali.

Hakimi, yang merujuk kepada kilang minyak Iran di Laut Kaspia, mengatakan armadanya bertugas menyediakan keamanan instalasi tersebut, yang berada di dalam perairan wilayah Iran, demikian laporan IRNA.

Laut Kaspia adalah "kolam air" dengan ukuran terbesar yang tertutup daratan di Bumi, yang dikategorikan sebagai danau atau laut terbesar di dunia. Laut Kaspia berbatasan dengan Rusia, Kazakhstan, Azerbaijan dan Turkmenistan serta Iran di selatan.

Laksamana Muda tersebut merujuk kepada Armada Keempat Angkata Laut sebagai "pembawa pesan perdamaian dan persahabatan bagi negara pesisir Laut Kaspia". 

sumber : Antara/ IRNA-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement