Kamis 29 Nov 2012 05:47 WIB

Liga Arab Tetap Bela Hak Warga Palestina

Rep: M Akbar Widjaya/ Red: Heri Ruslan
Warga Palestina membangun kembali terowongan yang hancur di sepanjang perbatasan Gaza Mesir di Rafah, bagian selatan Jalur Gaza, Selasa (27/11).   (AP/Adel Hana)
Warga Palestina membangun kembali terowongan yang hancur di sepanjang perbatasan Gaza Mesir di Rafah, bagian selatan Jalur Gaza, Selasa (27/11). (AP/Adel Hana)

REPUBLIKA.CO.ID,  KAIRO -- Liga Arab menegaskan akan terus membela kepentingan dan hak Bangsa Palestina. Bagi Liga Arab, isu Palestina merupakan isu penting yang selalu menjadi pembahasan utama.

"Pascagencatan senjata Liga Arab akan mengonsolidasikan dukungan bagi keanggotaan Palestina di PBB," kata Wakil Sekretaris Jendral Liga Arab Bidang Politik, Ahmed bin Halli kepada rombongan delegasi Komisi I DPR untuk Palestina, Rabu (28/11) waktu Kairo.

Saat ini Liga Arab juga tengah berkoordinasi dengan negara-negara yang berbatasan langsung dengan Palestina. Koordinaasi dilakukan dalam rangka memastikan pengiriman bantuaan kemanusiaan ke Palestina berjalan semestinya.

Ahmed menolak anggapan Liga Arab  tak tegas menyikapi isu Palestina. Menurutnya Liga Arab selalu berupaya membela kepentingan Bangsa Palestina. Seakan ingin meyakinkan pernyataannya, Ahmed menyatakan peran Mesir (negara anggota Liga Arab) sebagai mediator gencatan senjata Palestina dan Israel.

"Mesir berani memberikan jaminan kekedua negara untuk melakukan gencatan bersenjata," ujar Ahmed.

Menjaga situasi gencatan bersenjata, Liga Arab telah meminta Amerika Serikat untuk mendesak Israel menghormati gencatan senjata.

 

Ahmed menyatakan penyelesaian konflik Palestina dan Israel harus diselesaikan dengan jalan damai. Segala provokasi senjata yang dapat merusak usaha perdamaian tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement