Ahad 02 Dec 2012 17:50 WIB

Tahanan Meninggal, Kepala Unit Kepolisian Iran Dipecat

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani
Cyber crime
Cyber crime

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Kepala Unit Kepolisian Teheran yang menangani kasus kriminalisasi di dunia cyber dipecat dari jabatannya. Hal itu dikarenakan kelalaiannya yang mengakibatkan kematian seorang tahanan, Sattar Beheshti, Sabtu (1/12) kemarin.

Sattar adalah seorang blogger Iran yang ditangkap 30 oktober lalu karena kritikannya terhadap pemerintah Iran. Pria 35 tahun itu menarik simpati dunia Internasional, karena dikabarkan mendapat penyiksaan dan perlakuan buruk selama mendekam dalam penjara.

Sebagaimana dimuat dalam sebuah pernyataan di website resmi kepolisian Iran, Sabtu (1/12), pemecatan kepala unit polisi itu disebabkan kegagalannya dalam mengawasi tahanan yang seharusnya berada dalam tanggungjawab dan pengawasannya.

Selain itu, menurut Arabnews, beberapa opini publik yang mengeklaim kepolisian sering mengintimidasi para tahanan, khususnya kepada Sattar.

Parlemen Iran mengatakan, bulan lalu pihaknya telah membentuk sebuah komite yang bertugas untuk memeriksa kasus Sattar. Menjawab permintaan parlemen Iran tersebut lembaga yudikatif Iran telah berkomitmen akan menangani kasus tersebut dengan cepat dan tegas. Namun hal itu malah berujung pada kematian Sattar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement