Kamis 06 Dec 2012 14:04 WIB

Selandia Baru Diterjang Badai, Tiga Orang Tewas

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Rumah hancur lebur setelah diterjang tornado.
Foto: AP/Caroline Summers
Rumah hancur lebur setelah diterjang tornado.

REPUBLIKA.CO.ID, AUCKLAND -- Tiga orang dilaporkan tewas akibat badai yang tidak biasa terjadi di kota terbesar Selandia Baru di wilayah Auckland, Kamis (6/12). Badai yang disebut warga setempat sebagai 'badai mini' tersebut menumbangkan pohon dan menghancurkan gedung-gedung setempat.

Tornado, yang didorong kuatnya badai, menghancurkan beton-beton pada bangunan dan menimpa truk hingga menewaskan dua orang di dalamnya.

Tim penyelamat tengah mencari lokasi sekolah para pekerja yang kemungkinan ada korban terjebak di bawah blok beton yang jatuh di pinggiran barat Hobsonville. Sedikitnya, tujuh orang terluka akibat badai ini dan dirawat di rumah sakit.

"Saya melihat badai datang sepanjang sungai, langit menjadi hitan, kemudian angin berhembus. Itu seperti raksasa yang menderu, " kata seorang saksi, Suzanne McFadden seperti dikutip Reuters, Kamis (6/12).

Hobsonville merupakan lokasi pusat kota baru di dekat Auckland yang ditinggali 1,3 juta orang, sekitar sepertiga dari total penduduk Selandia Baru. Dalam beberapa tahun terakhir, Selandia Baru dilanda sejumlah bencana alam termasuk gempa 6,3 SR yang terjadi di kota selatan Christchurch pada 2011, menewaskan 185 orang. Tornado juga terjadi di Auckland pada Mei lalu dan menewaskan satu orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement