Jumat 07 Dec 2012 15:34 WIB

Empat Kapal Cina Berlayar ke Pulau Sengketa

Kapal Cina berpatroli di Laut Cina Selatan
Foto: chinasmack.com
Kapal Cina berpatroli di Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Empat kapal pemerintah Cina berlayar ke perairan teritorial kepulauan disengketakan yang diperintah Tokyo di Laut Cina Timur pada Jumat, kata pasukan penjaga pantai Jepang.

Kapal-kapal pengawasan maritim itu memasuki zona 12-mil laut di sekitar Kubashima, salah satu pulau di gugus yang disebut Senkaku oleh Jepang dan Diaoyu oleh Cina, tak lama sebelum pukul 13.00 waktu setempat.

Kapal-kapal Cina itu telah terlihat di dan sekitar wilayah perairan tersebut hampir setiap hari selama dua bulan terakhir.

Beijing pada Senin mencap perjanjian keamanan AS-Jepang sebagai "produk Perang Dingin" ketika para anggota parlemen Washington menegaskan kembali dukungan mereka kepada Jepang saat meloloskan amandemen RUU Otorisasi Pertahanan Nasional.

Perubahan tersebut mencatat bahwa sementara Amerika Serikat "tidak bersikap" mengenai kedaulatan akhir wilayah itu, namun pihaknya "mengakui penguasaan Jepang atas Kepulauan Senkaku".

Kedaulatan pulau-pulau itu telah menjadi sumber friksi selama beberapa dekade, tetapi sengketa tersebut meletus lagi awal tahun ini setelah gubernur nasionalis Tokyo mengatakan ia ingin membelinya untuk dijadikan kota, mendorong pemerintah Jepang untuk menasionalisasi mereka.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement