Ahad 09 Dec 2012 21:41 WIB

Vietnam Protes ke Cina Gara-gara Eksplorasi Minyak

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dewi Mardiani
Aksi protes warga Vietnam atas penguasaan wilayah maritim Cina, beberapa waktu lalu.
Foto: Reuters
Aksi protes warga Vietnam atas penguasaan wilayah maritim Cina, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Vietnam memprotes Cina setelah negara asal panda ini, Kamis (6/12) lalu, meminta Vietnam menghentikan eksplorasi minyak yang dilakukan sepihak dan tidak mengganggu perahu pancing Cina.

Permintaan Cina beberapa waktu lalu tersebut telah meningkatkan ketegangan dan perselisihan berlarut-larut mengenai wilayah maritim.

Sekitar 20 orang berkumpul dalam rumah opera Hanoi, Vietnam. Mereka menggelar  aksi demonstrasi dengan membawa spanduk soal protes mereka terhadap Cina. Mereka berdemo di depan kedutaan besar Cina di Hanoi.

Rencana ini telah diumumkan di beberapa blog. Aparat keamanan tidak tinggal diam. Polisi mengamankan para demonstran itu dan diambil paksa.

Tidak jelas apa yang terjadi pada pemrotes, tetapi setelah nasib para pemrotes dipertanyakan, mereka akhirnya dibebaskan. Di kota negara Vietnam yang lain, Ho Chi Minh juga menangkap para protester yang memasang spanduk.

Otoritas memberi toleransi rentetan protes klaim wilayah Cina pada bulan Juni ke Agustus tahun lalu dan Juli tahun ini. Vietnam juga menyatakan, kapal warga Vietnam yang memiliki sebuah kabel yang  berkaitan dengan gempa bumi dipotong oleh kapal pancing Cina. Cina sendiri mengaku pada beberapa waktu lalu, Vietnam mengeluarkan kapal pancing Cina dari perairan dekat provinsi sebelah selatan Cina.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement