Selasa 11 Dec 2012 00:37 WIB

Meski Mundur, PM Monti Dipuji Pejabat Eropa

Perdana Menteri Italia Mario Monti
Foto: cbc.ca
Perdana Menteri Italia Mario Monti

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA--Sejumlah negara Eropa memberi pujian kepada Perdana Menteri Italia, Mario Monti, Senin (10/11) yang akan melepaskan jabatannya. Mereka juga menyeru kepada pemerintahan berikutnya untuk tetap pada agenda Monti setelah keputusan mengejutkan untuk mundur dari kondisi ekonomi yang kalut.

Pengumuman Monti pada akhir pekan lalu bahwa ia akan mundur lebih awal, mendorong peningkatan dana pinjaman AS dan mendongkrak penjualan saham di lantai bursa. Pengumuman itu dibuat setelah partai PDL--yang mendukung Silivio Berlusconi--sebagai oposisi menarik dukungan pemerintah teknokrat tersebut.

Kampanye untuk pemilu yang bakal diselenggarakan Februari tahun depan diprediksi cenderung mempertarungkan agenda reformasi Italia. Agenda itu disebut Berlusconi yang berniat maju lagi, membuat Italia terpuruk ke resesi lebih parah.

Berlawanan dengan pandangan Berlusconi, para pejabat Uni Eropa memperingatkan bahwa kebijakan Monti justru harus diteruskan demi mencegah kembalinya krisis di Italia, juga untuk membuat Italia tak menyusul Yunani.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement