Rabu 12 Dec 2012 12:17 WIB

Cina Ikut Kecam Peluncuran Roket Korut

Peluncuran Roket Korut (ilustrasi)
Foto: AFP
Peluncuran Roket Korut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina menuntut Korea Utara mematuhi resolusi Perserikatan Bangsa Bangsa terhadap penggunaan peluru kendali balistik. Cina memeringati Korea Utara setelah Pyongyang meluncurkan roket jarak jauhnya.

"Pyongyang harus mematuhi resolusi-resolusi terkait Dewan Keamanan PBB. Resolusi yang menuntut Korea Utara untuk tidak melakukan suatu peluncuran dengan menggunakan teknologi rudal balistik dan mendesak untuk menangguhkan semua kegiatan yang berhubungan dengan program rudal balistik," sebut laporan Xinhua dalam satu komentar.

Sementara itu, Korea Selatan juga mengecam bahwa peluncuran roket Korea Utara adalah pelanggaran mencolok dari resolusi PBB. Peluncuran itu menjadi ancaman bagi stabilitas semenanjung Korea dan dunia.

"Pemerintah kami bersama masyarakat internasional sangat mengutuk Korea Utara karena mengabaikan peringatan berulang-ulang dan permintaan pembatalan peluncuran serta melakukannya dengan provokasi," kata Menteri Luar Negeri Korsel, Kim Sung-Hwan, kepada wartawan.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement