Jumat 14 Dec 2012 09:57 WIB

Ribuan Rakyat Palestina Rayakan Kemenangan Hamas

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
Relawan di Gaza merayakan gencatan senjata Hamas-Israel sejak rabu (21/11) malam
Foto: aljazeera
Relawan di Gaza merayakan gencatan senjata Hamas-Israel sejak rabu (21/11) malam

REPUBLIKA.CO.ID, NABLUS -- Ribuan rakyat Palestina turun ke jalan untuk merayakan kemenangan Hamas di Kota Nablus, sebelah utara wilayah Tepi Barat yang diduduki Israel. Perayaan itu untuk kemenangan Hamas dalam serangan delapan hari melawan Israel pada November lalu di Jalur Gaza.

Kumpulan massa pada hari yang bertepatan dengan 25 tahun berdirinya Hamas, merupakan yang pertama terjadi sejak Otoritas Palestina terbentuk pada 2007. Iringan massa terlihat membawa model roket yang terbuat dari kayu, menyimbolkan roket yang mereka tembakkan ke Israel selama perang. Dalam perang itu, 150 warga Palestina dilaporkan tewas.

"Hamas adalah senjata. Kami pelurunya" dan "Hamas, tembakkan lebih banyak roket ke Tel Aviv." terdengar sepanjang perayaan.

Saat bertemu massa, Sekretaris Jenderal Ramallah yang berbasis di faksi Palestina, Dewan Revolusi Fatah, Amin Maqbul mengatakan Hamas telah memberi ribuan syuhada, tawanan dan terluka untuk Palestina. "Ketabahan Hamas dan kemenangannya di Gaza untuk semua rakyat Palestina, " kata dia seperti dikutip PressTV, Jumat (14/12).

Popularitas Hamas meningkat meskipun Israel dan negara Barat berusaha melemahkan kelompok itu melalui pengepungan dan agresi ke wilayah Palestina. Ketua Biro Politik Hamas, Khaled, baru-baru ini berkunjung ke Jalur Gaza setelah 45 tahun di pengasingan. Kedatangannya ini dinilai warga Palestina sebagai kemenangan kelompok Hamas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement