Jumat 14 Dec 2012 14:46 WIB

Tentara Yaman 'Bersenjata' Sapu Turun ke Jalan

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani
Tentara Yaman turun ke jalan untuk membersihkan jalanan di ibu kota Sanaa.
Foto: alarabiya.net
Tentara Yaman turun ke jalan untuk membersihkan jalanan di ibu kota Sanaa.

REPUBLIKA.CO.ID, Tentara Yaman yang ‘bersenjatakan’ sapu dan alat-alat kebersihan menjamur di sepanjang jalan-jalan utama kota Yaman. Mereka bergabung dengan warga sipil dan para pekerja kebersihan setempat untuk membersihkan jalan-jalan di ibukota Sanaa, Yaman.

Aksi kebersihan yang diperlihatkan para tentara tersebut sebagai bentuk dari kampanye sosial dalam memberikan optimisme warga Yaman memerangi kemiskinan. Sejak penggulingan Presiden Ali Abdullah Saleh tahun lalu, perekonomian Yaman menjadi morat-marit. Yaman dilanda krisis politik dan ekonomi yang membuatnya mencuat sebagai negara termiskin di semenanjung Timur Tengah.

Presiden Saleh Abd-Rabbu Mansour Hadi yang kini menjabat telah berusaha menjalankan roda pemerintahannya sejak Februari lalu. Ia tengah berjuang memberantas tindak terorisme yang terus dilancarkan Al-Qaidah terhadap pihak militernya.

Hari Jumat (14/12) yang merupakan hari libur di negeri Arab dimanfaatkan untuk bersih-bersih bagi warga Yaman. Menurut laporan Alarabiya, Warga Yaman yang bergabung dengan tentara, pejabat pemerintah, hingga walikota turun ke jalan untuk membersihkan kota tersebut.

Wali kota Yaman, Abdul Khader Helal, mengapresiasi kegiatan bersih-bersih tersebut. "Saya salut dengan kebersamaan warga Yaman yang turut ambil bagian dengan program bersih-bersih ini. Kami datang bersama-sama untuk menunjukkan kebersamaan kami. Tidak hanya hari ini, tapi akan berlanjut sepanjang tahun," ungkap Helal yang masih memegang sapu di tangannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement