Jumat 14 Dec 2012 17:33 WIB

Rakyat Korut Rayakan Keberhasilan Peluncuran Roket

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mansyur Faqih
Warga Korsel  melalui tv layar lebar, menyaksikan peluncuran roket jarak jauh milik Korea Utara yang diluncurkan Jumat (13/4) pagi ini.
Foto: Lee Jin-man/AP
Warga Korsel melalui tv layar lebar, menyaksikan peluncuran roket jarak jauh milik Korea Utara yang diluncurkan Jumat (13/4) pagi ini.

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Masyarakat Korea Utara menyambut baik keberhasilan pemerintahan Kim Jong-un yang berhasil meluncurkan roket jarak jauh. Ribuan orang berkerumun di aula ibu kota merayakan keberhasilan tersebut.

Wakil Kepala Staf Umum Militer Korut Ro Gwang-chol mengatakan keberhasilan tersebut telah memberi moral yang tinggi bagi serdadu perang Korut. Apalagi peluncuran tersebut telah dinantikan banyak prajurit. 

“Kami tentu sangat gembira, itu mengembalikan emosi dan moral kami semua,” kata Gwang-chol seperti dilansir BBC News, Jumat (14/12).

Gwang-chong juga memuji keberhasilan pemimpin muda negara tersebut. Kim Jong-un dikatakannya merupakan pemimpin yang memiliki keberanian membela kepentingan negaranya sendiri. 

Jong-un juga dinilai telah mengembalikan semangat nasionalisme para militer dan masyarakat di negaranya.

“Ini semua dicapai atas loyalitas dan kebijaksanaan Marshall Besar Kim Jong-un,” kata Kepala Akademi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Korut, Jang Chol. Jumat (14/12).

Pemerintahan di Pyongyang mengatakan peluncuran ini sebagai motif baik Korut untuk mengembangkan ilmu dan teknologi. Mereka juga menepis tudingan internasional yang menilai peluncuran roket tersebut untuk uji coba rudal balistik yang dapat mengancam perdamaian dunia.

“Ini (tuduhan) merupakan kebiasaan internasional,” kata Sekertaris Partai Buruh Korut, Kim Ki-nam, saat berpidato perayaan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement