Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sekjen OKI: Ahmadinejad Sangat Cerdas

Sabtu 15 Dec 2012 06:09 WIB

Red: Heri Ruslan

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

Foto: Reuters/Murdani Usman

REPUBLIKA.CO.ID, Mantan Menteri Luar Negeri Iran, Manouchehri Mottaki dalam laman pribadinya mempublikasikan sebuah memoriam dari pertemuan Sekjen Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dengan Presiden Republik Islam Iran.

Menurut laporan ISNA (14/12), Ekmeleddin Ihsanoglu menjadi sekjen OKI sejak tahun 2005, warga negara Turki yang mengkaji Islam dan menguasai bahasa Arab, Inggris dan sedikit Persia.

Ihsanoglu pribadi serius dan selama di OKI banyak langkah-langkah penting yang diambilnya. Menurut laman Irib, ia pernah berkungjung ke Iran pada 2006, dan berjumpa dengan Presiden Ahmadinejad.

Sebelum melakukan pembicaran resmi, Ihsanoglu berbicara kepada Ahmadinejad, "Almarhum ayahku senantiasa menasihatiku tentang pentingnya bersikap moderat." Setelah itu ia menambahkan dengan bahasa Persia, "Perlahan-lahan tapi berkesinambungan."

Ihsanoglu pada dasarnya ingin mengajak Ahmadinejad agar sikapnya lebih lunak terkait hubungan luar negeri.

Presiden Ahmadinejad dengan cepat menjawab, "Almarhum ayahku senantiasa berkata kepada saya, ‘Engkau adalah seorang insinyur! Dari pada membuat tangga dan harus melewatinya satu persatu, lebih baik membuat lift dan dengan itu engkau lebih cepat sampai ke tujuan."

Pada waktu itu, Ihsanoglu berkata dalam bahasa Persia, "Bapak Presiden sangat cerdas."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA