Selasa 18 Dec 2012 13:53 WIB

Ngeri, Mantan Menteri Penerangan Lebanon Masuk Daftar Teroris AS

Terorisme (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Terorisme (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Pemerintah Presiden AS Barack Obama menjatuhkan sanksi terhadap  Michel Samaha, mantan menteri penerangan dan pariwisata Lebanon ke dalam daftar hitam. Daftar tersebut  ditujukan secara khusus bagi teroris global.

Samaha dituduh oleh Amerika  menghasut kerusuhan di  wilayah Lebanon atas permintaan pemerintah Suriah. Departemen Keuangan AS  menjatuhkan sanksi kepadanya dengan melarang warga negara AS melakukan bisnis dengannya. Selain itu,  semua asetnya yang berada di bawah jurisdiksi AS dibekukan.

Agustus lalu, Samaha ditangkap setelah didakwa merencanakan pembunuhan terhadap para tokoh politik dan agama di Lebanon melalui pengeboman. Menurut Kementerian Keuangan AS, sasaran serangan ini dilakukan untuk menimbulkan  pergolakan sektarian di Lebanon utara seperti yang dilansir di  Xinhua, Selasa, (18/12).

Berbagai aliran agama di Lebanon terpecah menjadi dua kelompok. Kelompok  yang  mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad dan kelompok yang mendukung oposisi.

Wakil Menteri Keuangan Urusan Pariwisata dan Intelijen  David Cohen mengatakan, Amerika Serikat akan terus mengungkap setiap upaya  rezim Bashar al-Assad untuk mencampuri urusan di negara tetangganya. Pihaknya akan  bekerjasama dengan mitra internasional untuk memastikan kedaulatan Lebanon  ditegakkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement