Selasa 18 Dec 2012 16:42 WIB

Ngeri, Ekspor Senjata Rusia Capai 14 Miliar Dolar

Senapan AK 47
Senapan AK 47

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKWA--Ekspor senjata Rusia ke luar negeri mencapai 14 dolar AS tahun ini. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, penjualan senjata itu termasuk pasokan senjata ke Suriah yang dilanda perang sipil.

Rusia, sebagai pengekspor senjata nomor dua setelah AS selalu memperbarui senjatanya untuk memasok pelanggannya di  Asia Tenggara dan  Afrika. Namun Rusia dikritik karena tidak bisa membuat senjata yang murah seperti  China.

Menurut Putin, penjualan senjata hasilnya positif. "kami mencapai rekor penjualan senjata," katanya seperti dilansir Reuters, Senin, (17/12).

Rusia, terang Putin, sudah menandatangani kontrak ekspor senjata senilai 15 miliar dolar AS tahun ini. Namun dia tidak menyebutkan senjata itu akan diekspor ke mana saja.

Rusia sendiri dikritik barat karena menjual senjata ke pemerintah Suriah dengan nilai hampir 1 miliar dolar AS pada  2011.

Namun Moskwa menyatakan, pengiriman senjata ke Suriah tidak melanggar hukum internasional karena tidak bertujuan membantu  Presiden Bashar al-Assad.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement