Selasa 18 Dec 2012 21:58 WIB

Gak Nyangka, Malaysia Selamatkan 40 Muslim Rohingnya

Muslimah Rohingnya, terusir dari negerinya..
Foto: AP
Muslimah Rohingnya, terusir dari negerinya..

REPUBLIKA.CO.ID,KUALA LUMPUR--KUALA LUMPUR--Badan Maritim Malaysia menyelamatkan 40 orang Myanmar korban kapal karam. Mereka diduga  Muslim Rohingnya yang melarikan diri dari kekerasan etnis dan telah ditolak masuk ke Singapura.

Menurut Badan maritim Malaysia, warga Myanmar itu selamat dari kecelakaan di lepas pantai Myanmar pada 4 Desember lalu, di mana 160 orang lainnya dilaporkan tenggelam. Mereka  dalam kesehatan yang baik dan diangkut ke negara bagian Johor selatan.

"Saya mengkonfirmasi 40 warga negara Myanmar diselamatkan dari kapal kargo Nosco Victory berbendera Vietnam," kata Direktur Bagian Komando dan Pengawasan Badan Maritim Malaysia, Selasa, (18/12).

Otoritas Pelabuhan dan Maritim Singapura (MPA) mengatakan, pihaknya menolak masuk ke kapal kargo terdaftar Vietnam, Nosco Victory karena kurangnya informasi tentang penumpangnya.

Surat kabar Australia Sydney Morning Herald melaporkan 40 orang itu diyakini Rohingnya. Mereka melarikan diri dari kekerasan etnis di sana.

Bentrokan antara umat Buddha dan Rohingnya telah menewaskan puluhan orang dan menelantarkan lebih dari 115.000 orang sejak Juni. Dilaporkan, 40 orang itu  berada di air selama

30 jam sebelum mereka diselamatkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement