Rabu 19 Dec 2012 23:01 WIB

Time Pilih Lagi Obama Sebagai 'Person of The Year' 2012

Barack Obama
Foto: Larry Downing/Reuters
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Majalah Time pada Rabu memilih lagi presiden AS terpilih kedua kali, Barack Obama, sebagai sosok tahun ini untuk 2012. Itu adalah kali kedua majalah tersebut memberi penghormatan serupa.

Majalah berita itu menyatakan Amerika Serikat berada di tengah perubahan kebudayaan dan demografi dan Obama adalah "simbol keduanya dan dalam cara tertentu ialah arsitek Amerika baru tersebut."

"Perlu dicatat bahwa Obama ialah presiden pertama setelah Franklin Delano Roosevelt yang memenangkan lebih dari 50 suara dalam dua pemilu berturut-turut dan yang pertama sejak 1940 terpilih kembali terlepas dari situasi negara dengan pengangguran mencapai 7,5 persen.

Obama mengalahkan kandidat dari kubu Partai Republik, Mitt Romney dengan meyakinkan pada pemilu Presiden AS pada November lalu dan memenangkan kursi kepresidenan kedua selama empat tahun ke depan.

"Pada 2012, ia menemukan dan menempa mayoritas baru, mengubah kelemahan menjadi kesempatan dan pencarian, ditengah gelombang penurunan, menciptakan persatuan yang lebih unik," ujar Time. Majalah ini pernah menempatkan Obama sebagai sosok tahun ini pada 2008 ketika ia menjadi presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement