Kamis 20 Dec 2012 11:41 WIB

Inilah Kontribusi Yahudi untuk Iran (bagian 1)

Israel-Iran
Foto: blogspot
Israel-Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Yahudi adalah salah satu akar sejarah masyarakat Iran. Sebab, merekalah salah satu penduduk tertua yang sudah menghuni tanah Persia sejak negeri itu masih membangun peradaban.

Seperti dikutip Iran Online, orang Yahudi masuk ke Iran sejak tahun 727 sebelum masehi. Mereka yang memasuki Iran adalah Yahudi yang terdeportasi oleh kekuasaan Raja Asiria (Babilonia), Saragon II. "Mereka terdeportasi dari Isarel setelah gagal melawan Asiria," tulis Iran Online.

Akibat kekalahan ini, sekitar 27.290 orang Yahudi dipaksa menetap di Persia. Gelombang kedatangan Yahudi ke Persia makin besar ketika moyang bangsa Israel ini terusir oleh Raja Nebukadnezar. "Mereka (Yahudi) pelarian dari Asiria kemudian menetap di Isfahan,"

Para pelarian Yahudi di masa Babilonia inilah yang jadi bagian sejarah Persia. Mereka, terutama  imigran Yahudi di Isfahan, mampu menata peradaban.

Tidak heran, Isfahan kini menjadi kota terbesar ketiga di Iran kini. Isfahan kini dihuni lebih dari 2 juta jiwa. Beberapa di antaranya memiliki garis darah Yahudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement