Senin 24 Dec 2012 17:52 WIB

'Cara Pandang Barat Hambat Penyelesaian Nuklir Iran'

Rudal Pakistan yang berhasil diluncurkan berkekuatan nuklir
Foto: AFP
Rudal Pakistan yang berhasil diluncurkan berkekuatan nuklir

REPUBLIKA.CO.ID,TEHERAN--Anggota parlemen senior Iran Mehdi Sanaei mengkritik cara pandang negara Barat terhadap  program nuklir Iran.

Sanaei mengatakan, cara pandang Barat terhadap nuklir Iran menjadi hambatan terbesar untuk  menyelesaikan masalah nuklir.

"Selama dialog, biasanya langkah positif dicapai, tetapi pada saat yang bersamaan sinyal negatif  terus dikirimkan dan sanksi baru diberlakukan terhadap Iran," kata Sanaei, Senin, (24/12).

Sebelumnya pemerintahan Barack Obama mengatakan, Amerika Serikat meningkatkan tekanan terhadap Iran terkait program nuklir kontroversialnya.

AS  memberlakukan sanksi terhadap tujuh entitas dan lima orang yang dituduh membantu pemerintah Iran dalam memeroleh jasa, teknologi, dan barang unik yang mampu meningkatkan kemampuan mereka untuk pengayaan uranium dan riset reaktor air berat.

Pada saat yang sama, media Barat melaporkan AS ingin  menggagas kembali pembicaraan bilateral AS-Iran dalam beberapa bulan ke depan  untuk menyelesaikan masalah nuklir di negara Timur Tengah itu.

"Hambatan terbesar untuk mencapai hasil dalam dialog adalah pendekatan Barat yang salah," kata Sanaei.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement