Selasa 25 Dec 2012 14:15 WIB

'Dewi Cinta' Steve Jobs Gagal Berlayar

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dewi Mardiani
Steve Jobs
Foto: AP
Steve Jobs

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Namanya Venus. Dia cantik. Keindahannya setara 'Dewi Cinta' dalam mitologi Romawi. Meski dia hanya sebuah kapal, namun tuannya memperlakukannya seperti kekasih kedua setelah 'Miss Apple.' Ya, Venus adalah karya terakhir yang belum sempat berkencan dengan mendiang Steve Jobs.

Kapal ini memiliki banyak kesamaan dengan produk Apple. Desainnya minimalis. Venus memiliki panjang mencapai 80 meter dengan desain eksterior berbahan dasar aluminium. Di dalam 'tubuh' Venus, Jobs merancang 27 perangkat komputer iMac yang digunakan untuk berbagai fungsi. Seluruh pekerja yang 'mendandani' Venus sejak awal pembuatannya diberikan gratis sebuah iPod Shuffle oleh Jobs perlambang rasa terima kasihnya.

Sayang seribu sayang, sejak kepergian Jobs tahun lalu, hingga akhir tahun ini, Venus tak kunjung berlayar menikmati kebebasan laiknya kapal-kapal pesiar lain di Pelabuhan Amsterdam, Belanda. Malahan, Venus sekarang terancam disita seorang desainer Prancis, Philippe Starck.

Starck mengeklaim pewaris Jobs masih menunggak utang padanya sebanyak tiga juta euro dari total biaya sembilan juta euro untuk desain kapal seperti janji Jobs. Starck kemudian melibatkan jasa penagih utang dan menyita kapal pesiar nan cantik itu.

"Kapal itu masih baru. Namun, ada pihak yang mengeklaim (Jobs) tiga juta euro. Kini, kapal itu menjadi rebutan pihak yang bersengketa," kata Juru Bicara Pelabuhan Amsterdam, Jeroen Ranzijn, dikutip dari BBC, Selasa (25/12).

Pengacara yang mewakili perusahaan Starck, Roelant Klaassen, mengatakan Venus sementara akan tetap ditahan di pelabuhan sampai ada pembayaran yang dilakukan Keluarga Jobs. Anehnya, tak ada detail perjanjian hitam di atas putih yang jelas tentang kehadiran Venus ini. "Mereka (Jobs dan Starck) saling percaya satu sama lain. Jadi, tak ada detail kontraknya," kata Klaassen.

Gerard Moussault yang mewakili Keluarga Jobs masih belum bersedia berkomentar banyak. "Saya belum bisa berkomentar sama sekali tentang hal ini, maaf," ujarnya.

Starck adalah desainer 'nyentrik' yang digandeng Jobs untuk merancang perahu impian Konglomerat Apple itu. Seleranya sangat mencolok. Model kapal dan rencana pembuatan Venus hanya membutuhkan waktu dua pekan saja. Venus merupakan kapal pesiar super namun minimalis dengan nilai pembuatan mencapai 105 juta euro.

Venus diluncurkan Oktober lalu di Aalsmeer, Belanda. Sayangnya, Jobs terlanjur meninggal akibat kanker pankreas tahun lalu sebelum melihat Venus berlayar di lautan lepas.

Dalam buku biografi Steve Jobs yang ditulis Walter Isaacson, Jobs tampaknya menyadari bahwa ia mungkin telah tiada dikala Venus rampung. "Aku tahu, mungkin saja aku akan mati dan meninggalkan Laurenne (istriku) bersama kapal yang setengah jadi ini. Namun, aku ingin lanjut mengerjakannya," kata Jobs. Venus kini menjadi tanda cinta terakhir dari Jobs untuk istri dan tiga buah hatinya, yaitu Reed, Aaron dan Eve.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement