Kamis 27 Dec 2012 06:33 WIB

Iran Kembangkan Sistem Rudal Baru

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad
Foto: Reuters/Murdani Usman
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Angkatan Laut Iran telah mengembangkan sistem peluncuran rudal baru yang mampu meningkatkan ketepatan dan jangkauan rudal anti kapal.

Dikutip dari PressTv, Kamis (26/12), sistem baru tersebut merupakan hasil ranncangan kerjasama antara Kementerian Pertahanan Iran dan Imam Khomeini Maritime University.

Saat ini, semua unit angkatan laut dilengkapi dengan jarak pendek dan jarak menengah permukaan-ke-permukaan rudal. Kehadiran sistem baru ini pun akan menjadi langkah besar dalam meningkatkan kemampuan rudal dari setiap unit yang ada di laut.

Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Rear-Habibollah Sayyari mengatakan, sistem yang baru ini dapat diinstal pada semua kapal. Rencananya, sistem ini juga akan langsung diterapkan dalam waktu dekat.

Menurut Sayyari, Selasa (25/12), pasukan angkatan laut Iran akan melakukan latihan selama seminggu di satu juta kilometer persegi perairan selatan pada 28 Desember mendatang.

Latihan ini akan melibatkan kapal selam, kapal perusak, rudal, permukaan dan bawah permukaan tempur, torpedo, pesawat homegrown, dan alat-alat peperangan elektronik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement