Kamis 27 Dec 2012 16:04 WIB

Ulama Kembali Dibunuh di Rusia

Rep: Agung Sasongko/ Red: Abdullah Sammy
Muslim di Rusia melakukan shalat di trotoal jalanan di Moskow, Rusia.
Foto: REUTERS
Muslim di Rusia melakukan shalat di trotoal jalanan di Moskow, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW--Wakil Mufti Ossetia Utara, Ibragum Dudarov tewas ditembak orang tak dikenal, Kamis (27/12). Jenazahnya ditemukan di dalam mobilnya di jalan dekat ibukota republik Kaukasus Utara, Vladikavkaz.

Mufti Ossetia Utara, Murat Gatsalov menuturkan serangan itu terjadi sekitar pukul 11.00 malam waktu setempat. "Ia ditembak sebanyak lima kali. Itu jarak dekat," kata dia seperti dikutip Ria Novosti.

Gatsalov mengungkap Dudarov dibunuh karena imannya. Karena, Islam merupakan isu sensitif di Ossetia Utara. "Orang ini mati karena imannya," kata dia.

Gatsalov mengungkap Dudarov sempat minta izin meninggalkan pekerjaan karena alasan pribadi yakni ibunya sakit dan putrinya lahir kurang dari sebulan lalu. Saat ini, aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan guna mengungkap pelaku penembakan.

Dari kesimpulan sementara, polisi mengatakan motif pembunuhan ini terkait dengan sengketa keluarga.Serangan ini merupakan yang kesekian kali dengan ulama senior sebagai korban.

Sebelumnya, lama sufi ternama, Kata Atsayev, 74 tahun,  tewas karena serangan bom bunuh diri di Dagestan. Pada Juli lalu, Mufti Tatarstan, Ildus Faizov, terluka dalam serangan bom, beberapa jam setelah mantan deputinya ditembak mati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement