Jumat 28 Dec 2012 05:33 WIB

Oposisi Mesir Berencana Gulingkan Mursi

Mohamed ElBaradei
Foto: achievement
Mohamed ElBaradei

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Sejumlah jaksa papan atas Mesir mengatakan bahwa kelompok oposisi punya rencana untuk menggulingkan Mohamed Mursi dari posisinya sebagai Presiden. Tuduhan yang disampaikan jaksa Mesir langsung diarahkan pada tiga pemimpin oposisi, Mohamed ElBaradei, Amr Moussa, dan Hamdeen Sabahi.

Ketiga tokoh oposisi ini dianggap berlindung di balik isu protes terhadap konstitusi. Jasa Mesir menilai ada motif tersembunyi dari ketiganya untuk merebut kursi kekuasaan. "Seorang pengacara telah mengajukan keberatan atas tindakan ElBaradei, Amr Moussa, Hamden Sabahi, dan beberapa tokoh dari Front Keselamatan Nasional," begitu tulis Al Arabiya terkait isu penggulingan Mursi.

Akibat komplain yang diajukan, para jaksa ini siap menyeret ketiga tokoh oposisi tersebut ke ranah hukum. Jaksa Mesir kini sedang bersiap memulai investigasi terkait dugaan rencana penggulingan Mursi.

Sebelumnya ketiga tokoh oposisi ini menjadi motor dalam aksi demonstrasi besar-besaran menentang konstitusi baru Mesir. Akibat aksi kelompok oposisi ini, sejumlah orang terluka, termasuk puluhan orang pendukung pemerintahan Mursi di Iskandariah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement